Langsung ke konten utama

Unggulan

Hal yang diperhatikan cewek pemula hiking

Berbagai macam tips untuk pendaki wanita yang perlu diperhatikan: 1.Mengetahui medan dan gunung apa yang akan dilakukan, karena setiap gunung memiliki medan yang berbeda, agar kita siap dalam tantangan menuju puncak. 2.Melakukan latihan fisik, untuk menjaga stamina serta daya tahan tubuh, utamanya latihan pernafasan agar dalam pendakian dapat kita lakukan secara stabil. 3.Mengenal dan pengetahui fungsi dari perlengkapan dan peralatan yang akan dibawa waktu pendakian. 4.Memeriksa dan membawa perlengkapan dan peralatan pribadi sesuai kebutuhan dalam perjalanan perorangan dan tim. 5.Melakukan tes medis karena di beberapa gunung perlu untuk mengenal kondisi kesehatan kita. 6.Aklimitasi sebelum kita benar benar melakukan pendakian. Karena kita akan menghadapi beragam macam suhu, suhu nol sampai suhu sangat panas. Penting untuk pendaki wanita melakukan aklimitasi. 7.Memiliki kesiapan fisik dan mental untuk melakukan perjalanan sesuai kondisi medan yang akan didaki. 8.Memb

Berikut ini adalah tips cara mencegah keram otot pada saat mendaki.


1.Jogging / lari
Lari merupakan hal yang sangat penting, mempersiapkan fisik sebelum mendaki. Hal ini dilakukan agar tubuh merasa panas dan tidak terkejut. Bila para sobat-sobit sudah sering jogging belum tentu terhindar dari yang namanya nyeri otot, karena berlari dijalan yang datar dengan berjalan naik gunung sangat beda. Maka dari itu biasakan berlari dijalan yang menanjat.

2.Swimming / renang
Kenapa harus berenang? Karena paada saat mendaki kita sering sekali ngos-nggosan, engap atau nafas terputus. Sekarang para sobat-sobit petani pasti sudah tau jawabannya. Berenang rutin melatih pernafasan agar tidak mudah lelah.

3.Right step / melangkah yang tepat
Buat para sobat-sobit petani untuk menghindari terjadi cedera kaki ketika turun gunung. Bagaimana? Daratkan kaki dengan benar, dahulukan tapak tumit, kemudian tapak kaki agar bisa menumpu berat badan secara merata.

4.Jangan kebanyakan istirahat
Istirahat memang dibutuhkan tetapi jangan terlalu lama. Mengapa? karena semakin banyak sobat-sobit istirahat maka akan semakin lelah, jantungpun akan bekerja seperti awal. Cobalah tantang diripara sobat-sobbit untuk melangkah sejaauh mungkin setelah terasa benar-benar lelah barulah istirahat.

5.Jangan duduk kaki melipat
Kalau istirahat jangan biasakan duduk jongkot atau kaki melipat, tetapi cobalah duduk dengan cara yang benar.seperti berdiri beberapa menit lalu mulailah duduk selonjoran.

6.Melatih otot torso
Sakit otot pada paha dan lutut dan bergetar pada saat turun. Hal ini bisa saja disebab dengan bawaan yang terlalu berat, pada saat pendakian berjalan tidak seimbang atau panjang sebelah. Untuk mencegahnya dengan melatih otot torso dimulai dari bahu sampai pinggul, yang akan membuat tubuh kita stabil saat membawa barang berat disaat turun.

7.Melatih otot paha dan bokong
Keram pada bagian betis sering saja terjadi, betis terasa tidak bertenaga rasa nyerinyapun seperti terbakar. Hal ini dikarenakan para pendaki berhadapan dengan trek gunung yang rumit,  kaki harus melangkah satu persatu bukan bokong atau otot paha sebagai tumpuannya melainkan betis.

Komentar

Postingan Populer